Dan kepunyaanNya lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung. Syair Imam Syafi'i : "Ilmuku selalu bersamaku kemana aku pergi, kalbuku yang telah menjadi gudangnya bukan lagi peti2 bila aku berada di rumah ilmuku pun bersamaku pula di rumah, dan bila aku di pasar ilmuku pun berada di pasar "
" Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya "QS:Al 'Alaq :96 (ayat 1-5) Dengan memberi perhatian kau berpeluang memperoleh lebih dari sebuah perhatian, dgn sabar kau akan mendapatkan lebih dari apa yg kamu harapkan, :)...

Other Link

Kamis, 15 Juli 2010

Macam-macam Kapal Berdasarkan Alat Penggeraknya

Penggerak kapal juga menentukan klasifikasi kapal sesuai dengan tujuannya.

Kapal Layar
Kapal dengan menggunakan alat penggerak layar.
Pada jenis ini kecepatan kapal tergantung pada adanya angin. Banyak kita jumpai pada kapal-kapal latih dan pada kapal barang tetapi hanya terbatas pada kapal- kapal kecil saja.

Kapal Padle Wheel
Kapal dengan menggunakan alat penggerak padle wheel
Sistim padle wheel, pada prinsipnya adalah gaya tahanan air yang menyebabkan / menimbulkan gaya dorong kapal (seperti dayung). Padle wheel dipasang dikiri dan kanan kapal dan gerak putarnya dibantu oleh mesin. Umumnya digunakan di daerah yang mempunyai perairan yang tenang misalnya di danau, sungai sebagai kapal-kapal pesiar.

Kapal Jet Propulsion
Kapal dengan menggunakan alat penggerak jet propulsion
Sistim ini pada prinsipnya adalah air diisap melalui saluran di muka lalu didorong ke belakang dengan pompa hingga menimbulkan impuls (jet air ke belakang).
Sistim ini banyak kita jumpai pada tug boat tetapi fungsinya untuk mendorong bukan menarik. Pompa tersebut bisa diganti dengan superkondutor, atau yang lainnya

Kapal Baling-baling
Kapal dengan menggunakan alat penggerak propeller (baling-baling).
Kapal bergerak karena berputarnya baling yang dipasang di belakang badan kapal sehingga menimbulkan daya dorong.
Alat penggerak inilah yang pada umumnya digunakan pada saat sekarang.

Semakin majunya teknologi propulsi kapal, maka variasi alat penggerak semakin banyak. Penerapan kombinasi masing-masing alat penggerak banyak juga di kembangkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

beri komentar