Dan kepunyaanNya lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung. Syair Imam Syafi'i : "Ilmuku selalu bersamaku kemana aku pergi, kalbuku yang telah menjadi gudangnya bukan lagi peti2 bila aku berada di rumah ilmuku pun bersamaku pula di rumah, dan bila aku di pasar ilmuku pun berada di pasar "
" Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya "QS:Al 'Alaq :96 (ayat 1-5) Dengan memberi perhatian kau berpeluang memperoleh lebih dari sebuah perhatian, dgn sabar kau akan mendapatkan lebih dari apa yg kamu harapkan, :)...

Other Link

Rabu, 22 Desember 2010

Kompetisi Web Kompas Muda & Aqua




Krisis air bersih yang mulai terjadi di beberapa kawasan di dunia menimbulkan kekhawatiran mendalam bagi kita yang mendengarnya. Apalagi dengan berita tentang terjadinya peperangan demi memperebutkan air semakin memilukan hati bagi yang mendengarnya. 


Pencegahan dini perlu dilakukan bagi Negara- Negara yang masih mempunyai cadangan air yang melimpah seperti di Indonesia. Karena krisis air ini sangat erat hubungannya dengan krisis perubahan iklim, krisis enerji, krisis pangan, pertumbuhan penduduk, dan krisis finansial global, berdasarkan laporan PBB pada acara pertamanya “The Fifth World Water Forum” 29 maret 2009, Turki. Di tambah, gambaran yang suram tentang kondisi lingkungan khususnya ketersediaan air pada tahun 2050.
              
Krisis air bersih setidaknya dapat diatasi apabila kita mampu mempelajari penyebabnya. Dari beberapa penyebab utama yang sering terjadi adalah banyak air yang telah bersenyawa dengan zat kimia lain akibat kontaminasi dari buruknya sanitasi yang ada. Maka perlu kesadaran tiap individu untuk tidak mencemari air laut, sungai, kali maupun selokan air di tiap rumah.


Kesadaran para nelayan dan pengguna transportasi laut  agar menjaga kadar emisi yang dikeluarkan oleh bahan bakar kapal selama berlayar harus sesuai dengan aturan- aturan pada MARPOL (Maritime Pollution).

Kesadaran para pakar technology untuk memberikan hasil terbaiknya dari penelitian mengenai pengelolaan air bersih perlu ditingkatkan. Seperti telah  dilakukan Tim peneliti dari Hitachi
yang menemukan technology katalis untuk menguraikan zat organik yang terkandung dalam air.

Pengadaan acara Forum yang membahas tentang pentingnya menjaga kualitas air bersih sebagai langkah konkrite terhadap sumbangsih kita terhdap air untuk masa depan. Forum ini hendaknya mengundang para regulator pemerintahan, para pakar technology, para pimpinan pabrik dan industry besar, dan masyarakat. Para regulator bertugas membuat kebijakan hokum, para pakar technology menjelaskan solusi permasalahan, para pimpinan pabrik dan industry besar  sebagai penyumbang pencemaran air skala besar, dan tentunya masyarakat secara umum untuk sadar dan imut berperan aktif dalam menjaga kualitas air.

Contoh forum yang mengundang kepala Negara dari berbagai negara, termasuk para kepala daerah dan para ahli berkumpul di Turki untuk mencari terobosan perbaikan pengelolaan air dunia, pada 22 Maret 2009 yang bertepatan dengan hari air sedunia (world water day).

Melalui tulisan ini kami mengajak para pembaca untuk memahami betapa berartinnya air dimasa mendatang apabila kita pada generasi sekarang tidak peduli terhadap kualitas air disekitar kita. mungkin tak perlu menunggu tahun 2050, bencana krisis air bersih akan terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan. Tidak ada yang bisa menghalangi kehendak alam. Mari kita berbenah diri dan melakukan langkah konkrit.

Terima kasih Aqua atas konstribusinya sebagai penyedia air minum berkualitas. Sebagai bentuk konkrit upaya pengolah sekaligus penyedia air bersih nusantara. Semoga semakin sukses dan bermanfaat.

   


Quote untuk air:
·         Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
·          

1 komentar:

  1. kunjungi juga blog saya ya ...

    http://creativeendless.wordpress.com/2011/01/17/air-untuk-masa-depan/

    BalasHapus

beri komentar