Dan kepunyaanNya lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung. Syair Imam Syafi'i : "Ilmuku selalu bersamaku kemana aku pergi, kalbuku yang telah menjadi gudangnya bukan lagi peti2 bila aku berada di rumah ilmuku pun bersamaku pula di rumah, dan bila aku di pasar ilmuku pun berada di pasar "
" Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya "QS:Al 'Alaq :96 (ayat 1-5) Dengan memberi perhatian kau berpeluang memperoleh lebih dari sebuah perhatian, dgn sabar kau akan mendapatkan lebih dari apa yg kamu harapkan, :)...

Other Link

Minggu, 30 Oktober 2011

Kapal Ikan Lambung Pelat Datar Semi Trimaran

Kapal Ikan Lambung Pelat Datar Semi Trimaran: Inovasi Restrukturisasi Kapal Ikan Nusantara

Abstrak

Kapal trimaran telah populer melalui berbagai penelitian sebagai kapal yang mempunyai stabilitas paling baik dibanding kapal dengan  jenis lambung lainnya yang ada saat ini. Oleh karena itu konsep perancangan Kapal Ikan Lambung Pelat Datar Semi Trimaran dengan menggunakan konsep kapal trimaran dimungkinkan memberikan stabilitas yang baik. 
Desain Kapal Ikan Lambung Pelat Datar Semi Trimaran ini dirancang dapat berfungsi sebagai kapal trimaran pada saat kondisi tertentu dimana memerlukan stabilitas yang baik, sedangkan pada kondisi lainnya kapal berfungsi sebagai kapal ikan lambung tunggal. Pergerakan lambung trimaran menyamping di kedua sisi yang digerakkan dengan system mekanisme hidrolik. Desain lambung menggunakan alternatife lambung pelat datar yang dibentuk sedemikian rupa membentuk badan kapal. Ide dasar didapat dari kapal container “pioneer”, kapal lambung pelat datar yang dirancang oleh Prof. Galin dari TU Delft pada tahun 1977-1979. Melalui inovasi desain kapal ikan pelat datar semi trimaran ini diharapkan mampu menjadi alternatife pengadaan kapal ikan yang memiliki stabilitas baik, murah, dan proses produksi yang cepat.

8 komentar:

  1. bagaimana pertimbangan mengenai hambatan kapal yang semakin besar dengan lambung pleat datar ?

    mohon penjelasannya,.. thxs.

    salam kenal,.. tp btw bagus tu inovasinya,.

    BalasHapus
  2. kenape harus kapal ikan bro ? terus kenape harus pake semi trimaran , kenape g trimaran aje ? terimakasih atas jawabannye...

    salam kenal

    BalasHapus
  3. keren bro, saya mau bantu kenapa kapal ikan ide dasarnya karena banyak nelayan yg masih dibawah garis kemiskinan, ane pernah buat proposal penelitian dosen ane tentang cool chain nelayan, dapat paper IPB (kl gak salah)yang mengagetkan bahwa terbanyak masyarakat miskin berada di pesisir yg notabene sebagai nelayan. mungkin dgn kapal plat datar ini dapat memangkas biaya sehingga BEP cepat dan masa penggunaan lama. gak perlu di banding dll (ane KP di Pal itu ada kapal kecil yg harganya luar biasa). soal hambatan emang besar tp ketika untuk kapal nelayan yg berukuran kurang dari 25 m gak perlu class dan luas area basah lebih kecil, dan nelayan gak perlu kecepatan besar sehingga apabila kita liat rumus dasar hamabatan F=0.5.masajenis.luas area.kecepatan^2. dengan 2 parameter apalagi kecepatan kuadrat dapat diperkecil maka hambatan tidak terlalu besar.
    Setau ane ada salah satu dosen kapal-DTM UI yg sering lg aware bentuk ini

    BalasHapus
  4. menurut saya ini tidak efektif, kenapa tidak dbuat trimaran sekalian?
    kalau semi, ketika kapal berjalan, si kapal akan menggunakan monohull dan kapal akan mendapat beban dari kedua lambung, apakah itu akan membuat kapal menjadi semakin berat? jelas iya kan..
    selain itu, kalau kapal trimaran akan memuat banyak muatan, jelas karena mempunyai tiga lambung karena B kapal lebar dan hambatan akan berkurang (wave resistance). otomatis muatan ikan yang diperoleh akan banyak..
    kalo semi bagaimana? apa efisien dari segi harga dan muatan?
    saran aja bro..

    BalasHapus
  5. sang Pencerah@ terimaksih atas sarannya dan berkenan mengunjungi blog saya,.

    maaf sebelumnya pada tulisan yg saudara komentari ini adalah tulisan yg belum diperbaiki.

    untuk lebih jelasnya kunjungi link ini,..

    http://linesplan.blogspot.com/2011/12/portable-added-bouyancy-cadik-sebagai.html

    saya sambut dengan hormat masukan dari anda, terimakasih banyak..

    BalasHapus
  6. bung Helmidadang :D jadi sekalian promosiin aja kapal flat hull ini di ice slurry ente ? untuk kekuatan sedang dalam proses skripsi enggar mi.

    BalasHapus
  7. Bung Iqbal.. yang ane kerjain itu bukan kekuatan kapal secara menyeluruh, tapi baru sebatas kekuatan sambungan dan pengelasan pada flat hull ship ini.
    Btw, untuk kekuatan kapal flat hull ini kalau gak salah ada yang pernah bahas bal, angkatan 2005, ntar deyh ane bantu cari..

    BalasHapus

beri komentar