Date: 9feb2011
Perlengkapan Jangkar dan alat tambat
· Jenis : Stockless Anchor - à kapal besar, mudah, cepat
Danforth stock -à daya cengkram bagus
· Berat jangkar : sesuai kelas yg baik dan sesuai ukuran kapal
· Sambungan rantai : -satu segel= 27,5 m
· Pemeliharaan rantai jangkar :
- Sesuai klasifikasi
- Pemeriksaan visual/th
- Kalibrasi/5th
- Ukuran min 0,88 d
· Perencanaan system jangkar
Memerhatikan beberapa ketentuan :
- Dapat memungkinkan rantai jangkar dengan mudah dan segera, dan juga dapat diatur kecepatan dan perlambatan sesuai kondisi
- Mengangkat kembali jangkar 6menit/ 2 segel
- Dilengkapi stopper rantai jangkar, agar tak terulur pada saat berlayar
- Tdk merusak plat lambung dgn memasang donat ban
- Dilengkapi kenter sheckle, agar tidak macet
- Mudah dilepas dari rangkaian (pada saat kondisi darurat) dilengkapi dengan sheckle sambungan (suival)
- Bersertifikat
Date: 11feb2011
· System klasifikasi windlass n jangkar : -hawse pipe – chain pipe – anchor – chain,..dll
· Kabel baja/ wire ropes :
- Sbg pengganti ratai jangkar
- Panjg kapal < 30 m -à wire ropes
- 30 < panjang kapal < 40 m, satu set kabel baja, yg lain rantai
- Panjang 1,5 m dari yg disyaratkan
- Tetap menggunakan rantai di ujung dekat jangkar sepanjang 12,5 m atau sepanjang jerak dari hawse pipe ke mesin jangkar
· Hawse pipe :
- Pada ujung lubang dibuat dgn kontruksi besi cor berbentuk donat
- Sudut kemiringan untuk agar tidak membentur lambung kapal dan mudah diluncurkan
- Tembus forecastle – lambung
· Mesin jangkar dilengkapi dengan system rem dan pondasi kuat untuk menahan tegangan yg terjadi
· Mooring
· Pengarah tali
· Tonggak tambat
To be continue,…………----à the next topic is “ emergency towing arrangement”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
beri komentar