Dan kepunyaanNya lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung. Syair Imam Syafi'i : "Ilmuku selalu bersamaku kemana aku pergi, kalbuku yang telah menjadi gudangnya bukan lagi peti2 bila aku berada di rumah ilmuku pun bersamaku pula di rumah, dan bila aku di pasar ilmuku pun berada di pasar "
" Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya "QS:Al 'Alaq :96 (ayat 1-5) Dengan memberi perhatian kau berpeluang memperoleh lebih dari sebuah perhatian, dgn sabar kau akan mendapatkan lebih dari apa yg kamu harapkan, :)...

Other Link

Minggu, 03 Oktober 2010

Catatan si ik2

"Manejemen Transportasi Laut dan Pelabuhan"
(16sept2010 oleh ......... dosen gw cewek pokoknya, cantik orangnya )
# Intermodal Transportation: transportasi yg menggunakan 2 atau lebih moda transportation.

Jenis2 moda transportation: MD darat- MD laut- MD udara- MD kereta api- MD jalur pipa

intermodal transportation : darat- udara, kereta -laut, darat- kereta

# Trayek: jalur yg dilewati kapal pada saat berlayar, ada 2 macam yaitu trayek tetap(teratur) dan trayek tidak tetap.

istilah2 baru dalam dunia transportasi kapal:
1. incloring: pengurusan dokumen impor di pelabuhan
2. steve doring: pekerja pelabuhan
3. consign: penerima barabang baik dari jalur darat, udara ataupun laut.
4. bill of lading: dokumen atau daftar muatan kapal.
5. broken stowage: kehil atau losses ruangan pada kargo akibat tidak teratur dalam penyusunan
6. stowage faktor: rasio berat yang diperlukan dalam kondisi normal. maksudnya berapa m3 dalam setiap 1 ton nya.
7. container freight station: terminal station pengangkutan kontainer
8. dunnage: pengganjal untuk melindungi /menopang barang dari kerusakan dalam kargo.

NB;
**lsps(peraturan/ standard keamanan bahwa suatu pelabuhan layak untuk dilabuhi kapal dengan bendera amerika, di dunia hanya negara jerman yg tidak menerapkan peraturan ini)

**Azaz Cabotage: hanya kapal yg berbendera indonesia yg boleh berlayar di wilayah laut NKRI


"Manejemen Transportasi Laut dan Pelabuhan"
(29sept2010 oleh ......... dosen gw cowok pokoknya, ganteng orangnya )

# Shipping Industry
> very dynamic industry
> spesialized industry
> depend upon many other organization
> high capital industry
> goes to periods of boom and recissions

# the economic road of shipping industry
>steamship development a century ago
> chep transportation
> kontainer pada thn 60, pada saat bongkar muat sgt lama sehingga di buat kontainer

# Shipping Market ??
> Shipping Industry
> Approaching shipping economic

# Shipping Market Cycle :

# Key Influence Suplay and Demand :
> Demand :
> Supplay : world fleet, fleet productifity, shipping buliding, production, scrapping and losses, freight rates.

# Freight Market ?
> not uniform market: ship can carry a similiar types of cargoes.
> basic division into principle freight market: dry carrier, tanker carrier, reefer carrier, car carrier, pessanger carrier



(30sept2010 oleh ......... dosen gw cewek pokoknya, cantik orangnya)

# Surat2 Yg Berhubungan Dengan Kepemilikan Kapal
1. Surat Jual beli : memakai bendera panama lebih mudah karena banyak dipakai dan dikenal banyak negara.
2. Builder Certificate:
3. Surat Ukur:
4. Surat Laut :
5. Deletion Certificate:

# Chartering
1. Bareboat charter : sistem penyewaan kapal yang hanya menyewakan badan kapal saja, tanpa crew, part facility, dll.
2. Time charter : sistem penyewaan kapal berdasarkan waktu sewa. biaya pelabuhan dan operasional sesuai kontrak.
3. Voyage charter : sistem penyewaan kapal dari tempat A ke B misalnya , biaya ditanggung pemilik kecuali steve doring dan bongkar muat.

NB:
> demurage: penchater membayar ganti rugi karena keterlambatan bongkar muat kepada owner.
> Despatch : owner membayar ganti rugi kepada penyewa karena bongkar muat terlalu cepat. ( despatch maksial 1/2 dari demurage yg diukur perjam )

4. consecutive voyage charter: penyewa kapal untuk beberapa pelayaran secara berturut turut , dari pelabuhan ke pelabuhan, dengan tarif yang beda pastinya tiap sandar di pelabuhan.

NB:
DDO: dispatch distance only
DLO: ___,.___ loading __..__
FD : free of dispatch
notife of readines
SHINC: sunday of holifay included




(30sept2010 oleh ......... dosen gw cowok pokoknya, ganteng orangnya)

# Cost Analisis and Principle of Pricing
1. labour cost:
menyangkut ship crew (officer, engineer, rating)

2. repair and maintenance cost
tidak dapat diprediksi (seperti biaya perbaikan akibat kecelakaan)

3. Insurance cost:

Voyage cost: all those expenses which are related to a particular transportation voyage either ladden or in ballast are called voyage cost. exp, fuel cost, port cost etc.

Mengapa butuh ansuransi? :- heavy investement of ship (high capital expenditure)- high risk

dua jenis marine insurance (asuransi wajib):
a. hull machinery (H &M) insurance

b. protect and indennity insurance (war, pembajakan, piracy)

insurance : under writer - loss adjuster

cargo insurance : biasanya pemilik barang yang mengasuransikan cargonya.







(30sept2010 oleh ......... dosen gw cowok pokoknya, ganteng orangnya)

# Consept for Cost Analysis

1 komentar:

beri komentar