"Manejemen Transportasi Laut dan Pelabuhan"
(16sept2010 oleh ......... dosen gw cewek pokoknya, cantik orangnya )
# Intermodal Transportation: transportasi yg menggunakan 2 atau lebih moda transportation.
Jenis2 moda transportation: MD darat- MD laut- MD udara- MD kereta api- MD jalur pipa
intermodal transportation : darat- udara, kereta -laut, darat- kereta
# Trayek: jalur yg dilewati kapal pada saat berlayar, ada 2 macam yaitu trayek tetap(teratur) dan trayek tidak tetap.
istilah2 baru dalam dunia transportasi kapal:
1. incloring: pengurusan dokumen impor di pelabuhan
2. steve doring: pekerja pelabuhan
3. consign: penerima barabang baik dari jalur darat, udara ataupun laut.
4. bill of lading: dokumen atau daftar muatan kapal.
5. broken stowage: kehil atau losses ruangan pada kargo akibat tidak teratur dalam penyusunan
6. stowage faktor: rasio berat yang diperlukan dalam kondisi normal. maksudnya berapa m3 dalam setiap 1 ton nya.
7. container freight station: terminal station pengangkutan kontainer
8. dunnage: pengganjal untuk melindungi /menopang barang dari kerusakan dalam kargo.
NB;
**lsps(peraturan/ standard keamanan bahwa suatu pelabuhan layak untuk dilabuhi kapal dengan bendera amerika, di dunia hanya negara jerman yg tidak menerapkan peraturan ini)
**Azaz Cabotage: hanya kapal yg berbendera indonesia yg boleh berlayar di wilayah laut NKRI
"Manejemen Transportasi Laut dan Pelabuhan"
(29sept2010 oleh ......... dosen gw cowok pokoknya, ganteng orangnya )
# Shipping Industry
> very dynamic industry
> spesialized industry
> depend upon many other organization
> high capital industry
> goes to periods of boom and recissions
# the economic road of shipping industry
>steamship development a century ago
> chep transportation
> kontainer pada thn 60, pada saat bongkar muat sgt lama sehingga di buat kontainer
# Shipping Market ??
> Shipping Industry
> Approaching shipping economic
# Shipping Market Cycle :
# Key Influence Suplay and Demand :
> Demand :
> Supplay : world fleet, fleet productifity, shipping buliding, production, scrapping and losses, freight rates.
# Freight Market ?
> not uniform market: ship can carry a similiar types of cargoes.
> basic division into principle freight market: dry carrier, tanker carrier, reefer carrier, car carrier, pessanger carrier
(30sept2010 oleh ......... dosen gw cewek pokoknya, cantik orangnya)
# Surat2 Yg Berhubungan Dengan Kepemilikan Kapal
1. Surat Jual beli : memakai bendera panama lebih mudah karena banyak dipakai dan dikenal banyak negara.
2. Builder Certificate:
3. Surat Ukur:
4. Surat Laut :
5. Deletion Certificate:
# Chartering
1. Bareboat charter : sistem penyewaan kapal yang hanya menyewakan badan kapal saja, tanpa crew, part facility, dll.
2. Time charter : sistem penyewaan kapal berdasarkan waktu sewa. biaya pelabuhan dan operasional sesuai kontrak.
3. Voyage charter : sistem penyewaan kapal dari tempat A ke B misalnya , biaya ditanggung pemilik kecuali steve doring dan bongkar muat.
NB:
> demurage: penchater membayar ganti rugi karena keterlambatan bongkar muat kepada owner.
> Despatch : owner membayar ganti rugi kepada penyewa karena bongkar muat terlalu cepat. ( despatch maksial 1/2 dari demurage yg diukur perjam )
4. consecutive voyage charter: penyewa kapal untuk beberapa pelayaran secara berturut turut , dari pelabuhan ke pelabuhan, dengan tarif yang beda pastinya tiap sandar di pelabuhan.
NB:
DDO: dispatch distance only
DLO: ___,.___ loading __..__
FD : free of dispatch
notife of readines
SHINC: sunday of holifay included
(30sept2010 oleh ......... dosen gw cowok pokoknya, ganteng orangnya)
# Cost Analisis and Principle of Pricing
1. labour cost:
menyangkut ship crew (officer, engineer, rating)
2. repair and maintenance cost
tidak dapat diprediksi (seperti biaya perbaikan akibat kecelakaan)
3. Insurance cost:
Voyage cost: all those expenses which are related to a particular transportation voyage either ladden or in ballast are called voyage cost. exp, fuel cost, port cost etc.
Mengapa butuh ansuransi? :- heavy investement of ship (high capital expenditure)- high risk
dua jenis marine insurance (asuransi wajib):
a. hull machinery (H &M) insurance
b. protect and indennity insurance (war, pembajakan, piracy)
insurance : under writer - loss adjuster
cargo insurance : biasanya pemilik barang yang mengasuransikan cargonya.
(30sept2010 oleh ......... dosen gw cowok pokoknya, ganteng orangnya)
# Consept for Cost Analysis
ger, awalannya menarik..dosen cewe cantik..heheh
BalasHapus