Dan kepunyaanNya lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung. Syair Imam Syafi'i : "Ilmuku selalu bersamaku kemana aku pergi, kalbuku yang telah menjadi gudangnya bukan lagi peti2 bila aku berada di rumah ilmuku pun bersamaku pula di rumah, dan bila aku di pasar ilmuku pun berada di pasar "
" Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya "QS:Al 'Alaq :96 (ayat 1-5) Dengan memberi perhatian kau berpeluang memperoleh lebih dari sebuah perhatian, dgn sabar kau akan mendapatkan lebih dari apa yg kamu harapkan, :)...

Other Link

Rabu, 22 Desember 2010

The End Of MT PRESTIGE


MT Prestige telah terlampau tua dan lelah hingga akhirnya pengabdiannya selama 25 tahun sebagai kapal pengangkut minyak berakhir pada November 2002 di teluk Biskaya. Kapal tanker dengan DWT 70000 Tonage tenggelam dan memuntahkan sebagian besar minyak mentah muatanya, mencemari pantai Spanyol.  
Penyebab tenggelamnya kapal tanker prestige nampaknya tidak akan pernah bisa diungkapkan. Sampai saat ini, terdapat tiga alasan yang mungkin bisa diajukan. Salah satunya adalah tubrukan dengan sebuah benda terapung, mungkin sebuah peti kemas. Lainnya adalah kelelahan bahan akibat bersinggungan secara terus menerus dengan kapal- kapal lainnya ketika sedang digunakan sebagai tanki- tanki penyimpan terapung (floating storage) selama beberapa bulan sebelum pelayaran yang terakhir. Dan yang ketiga adalah kemungkinan adanya dampak dari kerja perbaikan yang buruk yang dilakukan Cina di tahun 2001.   (IMARE, hal:11).
2 tahun setelah laporan insiden resmi dari Otoritas Maritim Bahama (BMA) menyarankan agar praktek- praktek perbaikan dan pemeriksaan / survey tradisional perlu diperiksa lagi dengan teliti “untuk mencoba dan mengidentifikasi cara dimana sumber- sumber kelemahan bisa ditemukan”. (IMARE, hal:11).  



Pemicu  kerusakan awal adalah kapal dihantam ombak besar yang mengungkapkan bahwa ada sumber atau sumber- sumber kelemahan pada struktur di tangki samping kanan no.3. Nampaknya kelemahan- kelemahan ini tidak segera dideteksi atau diprediksi dengan menggunakan praktek- praktek survey, inspeksi dan perbaikan yang tersedia dalam industry saai ini. Penting sekali agar supaya praktek- praktek itu diteliti kembali untuk melihat dimana perbaikan- perbaikan bisa dilakukan. Terutama tempat- tempat berikut ini nampaknya perlu untuk diperiksa lebih jauh:
·         Konsekuensi- konsekuensi atas kehandalan struktur baja baru atas yang lama, khususnya jika ada perbaikan besar- besaran pada kapal- kapal tua.
·         Cara- cara untuk memperkecil pengaruh tegangan- tegangan sisa di tempat- tempat diman perbaikan- perbaikan besar dilakukan.
·         Cara untuk mendeteksi keretakan- keretakan pada struktur disebabkan oleh kelelahan bahan sebelum melakukan perbaikan atau penggantian baru struktur.
·         Cara- cara untuk memprediksi dan memantau keausa strukstur karena karat rata- rata khususnya ruangan- ruangan yang bersebelahan dengan tangki- tangki kargo yang memerlukan pemanasan.
·         Penekanan pentingnya dilakukan pemerilsaan close up selama survey- survey dan inspeksi- inspeksi yang dilakukan awak kapal.
·         Keputusan untuk melakukan close up tahunan bagi tangki yang tidak dilapisi dengan cat yang bisa diisi air ballast arau kondisi lapisan catnya sudah rusak.
·         Kerusakan yang mempengaruhi kekuatan struktur samping kapal akibat kontak / gesekan dan panduan dalam mengidentifikasikab dan melaporkan kerusak- kerusakan semacamnya.
·         Penggunaan NDT/NDE (pemeriksaan tidak merusak) pada kampuh- kampuh pengelasan dinding baja samping kapal sewaktu dilakukan perbaikan.
·         Penyimpanan [di atas kapal] catatan- catatan laporan atas semua perhitungan yang dibuat untuk menentukan kekuatan saat dilakukan survey.
·         Penyimpanan [di atas kapal] catatan- catatan laporan mengenai kondisi struktur kapal termasuk pengukuran- pengukuran ketebalan baik sebelum maupun sesudah penggantian- penggantian struktur baja baru. Hal ini akan memberikan sebuah catatan sejarah kapal yang lebih lengkap mengenai keausan rata- rata akibat korosi di ruang- ruang tertentu.
·         Terpenuhinya ketentuan- ketentuan uang terkait dengan kekuatan dan ketentuan- ketentuan mengenai penutupan lubang- lubang di atas dek utama kapal- kapal tanker saat ini masih berlaku.
·         Terpenuhinya ketentuan- ketentuan yang terkait dengan kekuatan disain kapal- kapal tanker berlambung ganda sehubungan dengan kemampuannya untuk tetap mengapung (survivability), khususnya dalam cuaca buruk, setelah mengalami kerusakan pada lambung luarnya.


ALERT, siapa yang terlibat???
Ada Sembilan institusi yang terlibat dalam proyek ALERT, merka ini adalah BMA, asosiasi industry perkapalan INTERTANKO dan tujuh organisasi EROPA. Proyek yang terdiri dari lima paker yang berbeda ini dibagikan diantara mereka, dengan satu institusi rekan kerja dipilih menjadi pemimpin untuk setiap paketnya dan rekan kerja lainnya membantu seperlunya.
Institusi- institusi ini adalah:
Universitas Newcastle- sebagai kordinator
Universitas Strathclyde- sebagai kordinator teknik
Otoritas Maritim Bahama (BMA)- sebagai kordinator eksploitasi
Material Metingen Europe- Belanda
Beuro Veritas- Perancis
Intertanko
Alpha marine Service- Yunani
University Teknologi Hamburge (TUHH)- Jerman
Lisnave Ekstaleiros Nvais- Portugal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

beri komentar