Dan kepunyaanNya lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung. Syair Imam Syafi'i : "Ilmuku selalu bersamaku kemana aku pergi, kalbuku yang telah menjadi gudangnya bukan lagi peti2 bila aku berada di rumah ilmuku pun bersamaku pula di rumah, dan bila aku di pasar ilmuku pun berada di pasar "
" Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya "QS:Al 'Alaq :96 (ayat 1-5) Dengan memberi perhatian kau berpeluang memperoleh lebih dari sebuah perhatian, dgn sabar kau akan mendapatkan lebih dari apa yg kamu harapkan, :)...

Other Link

Kamis, 14 April 2011

Jenis Mooring System Pada FPSO/FSO


Jenis Mooring System Pada FPSO/FSO
Sumber: http://nasyihandoffshore.blogspot.com/2010/03/mooring-system-pada-fsofpso.html

Secara umum, Mooring system yang digunakan untuk FSO/FPSO adalah sebagai berikut :

a.  Spread Mooring
·         Pada sistem ini tidak memungkinkan bagi kapal untuk bergerak/berputar guna mencapai posisi dimana efek-efek lingkungan semisal angin, arus dan gelombang relatif kecil. Namun hal ini akan mengakibatkan beban lingkungan terhadap kapal menjadi semakin besar, yang dapat mengakibatkan bertambahnya jumlah Mooring Lines dan atau line tension-nya.

·         Pada sistem ini digunakan satu set Anchor Legs dan Mooring Lines yang biasanya terletak pada posisi bow dan stern kapal.    


                                                                                                                       
·         Karena peralatan yang digunakan relatif sederhana, maka tidak perlu dry docking untuk melakukan modifikasi terhadap Mooring Systemnya.  Spread Mooring dapat diterapkan pada setiap tipe kapal, namun dengan tetap  memperhatikan fasilitas produksi di atas kapal.

·         Pada FPSO Belanak Natuna yang di atasnya terdapat fasilitas produksi Crude Oil dan LPG, maka posisi fixed heading menjadi kebutuhan yang sangat penting dan oleh karenanya digunakan sistem Spread Mooring, karena pergerakan/perputaran dari kapal akan sangat berpengaruh pada proses produksi LPG. 

·         Pada system ini, peralatan Offloading biasanya terletak di bow atau stern kapal, atau dengan menggunakan buoy yang didedikasikan khusus untuk sarana transfer cargo.

a.      Turret Mooring
·         Pada sistem ini kapal dihubungkan dengan turret, yang mana dengan adanya bearing memungkinkan kapal untuk dapat berputar.

·         Dibandingkan dengan Spread Mooring, pada sistem ini riser dan umbilical yang diakomodasi dapat lebih banyak lagi. Turret Mooring dapat berupa External Turret atau Internal Turret.:

o   External Turret
·         External Turret dapat diletakkan pada posisi bow atau stern kapal, di luar lambung kapal, memungkinkan kapal untuk dapat berputar 360 derajat dan beroperasi pada kondisi cuaca normal maupun extreme.
·         Chain leg “ditanam” di dasar laut dengan anchor atau piles.
·         Biaya pembuatannya lebih murah dibandingkan dengan Internal Turret dan modifikasi yang dilakukan di kapal tidak terlalu banyak.
·         Selain posisi turret, perbedaan lain dibandingkan dengan Internal Turret adalah posisi chain table-nya. Pada External Turret, chain table terletak di atas water level, sedangkan pada Internal Turret, chain table terendam di bawah garis air.
·         Pada umumnya sistem ini digunakan di perairan yang tidak terlalu dalam dan pada lapangan yang relatif kecil.Contoh aplikasi di Indonesia adalah FPSO Anoa Natuna
o   Internal Turret
·         Keunggulan sistem ini adalah dapat terpasang secara permanen maupun tidak (dis-connectable)
·         Dapat diaplikasikan pada lapangan dengan kondisi lingkungan yang moderat sampai ekstrim, dan sesuai untuk deepwater.
·         Sistem ini dapat mengakomodasi riser hingga 100 unit dan kedalaman laut hingga 10,000 feet. Belum ada contoh aplikasi di Indonesia.

c.    Tower Mooring
·         Pada system ini FSO/FPSO dihubungkan ke Tower dengan suatu Permanent Wishbone atau Permanent/ Temporary Hawser. Sesuai untuk laut dangkal hingga sedang dengan arus yang cukup kuat. Keuntungannya adalah :
o   Transfer fluida yang sederhana, dengan menggunakan jumper hoses dari Tower ke kapal,   akses langsung dari kapal ke Tower.
o   Modifikasi yang tidak terlalu banyak pada kapal,
o   Semua mechanical equipment terletak di atas sea leve.l
·         Selain itu fasilitas-fasilitas lain yang dapat ditempatkan diatas Tower Deck antara lain sebagai berikut:
a.      Articulated Yoke
b.      Pig Receiver
c.       Rotating Assembly
d.      Lifting Appliances
e.       Supporting Surface Fasilities.
Contoh aplikasi di Indonesia : FSO Ladinda

d.    Buoy Mooring
·         Pada sistem ini sebuah buoy digunakan sebagai Mooring Point kapal dan untuk Offloading fluida. Tujuan utamanya adalah untuk transfer fluida dari daratan atau fasilitas offshore lainnya ke kapal yang sedang ditambatkan. Komponen-komponennya antara lain:
-          Buoy Body, sebagai penyedia stabilitas dan buoyancy
-          Komponen mooring dan anchoring, menghubungkan buoy dengan seabed dan Hawser menghubungkan buoy dengan kapal
-          Product Transfer System,   Auxiliary System, boatlanding, lifting, dan lain sebagainya.
Contoh aplikasi di Indonesia : FSO Arco  Ardjuna

e.  Dynamic positioning
·         Sistem ini adalah sistem yang paling fleksibel, dapat menyesuaikan dengan arah datang dan puncak gelombang sehingga dapat memperoleh posisi paling aman dalam proses operasi.
·         Tetapi sistem ini sangat mahal sehingga menjadi sebuah pilihan yang belum realistis secara ekonomi dalam penambatan FSO.
 

Sumber: Adonis - http://www.indonesianship.com/depan-isi2.asp?id=1278

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

beri komentar