Dan kepunyaanNya lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung. Syair Imam Syafi'i : "Ilmuku selalu bersamaku kemana aku pergi, kalbuku yang telah menjadi gudangnya bukan lagi peti2 bila aku berada di rumah ilmuku pun bersamaku pula di rumah, dan bila aku di pasar ilmuku pun berada di pasar "
" Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya "QS:Al 'Alaq :96 (ayat 1-5) Dengan memberi perhatian kau berpeluang memperoleh lebih dari sebuah perhatian, dgn sabar kau akan mendapatkan lebih dari apa yg kamu harapkan, :)...

Other Link

Jumat, 22 April 2011

KAPITA SELEKTA 21 April 2011

assalamualaikum wr, wb
bagi kawan2 yang kemarin g sempet masuk KAPSEL karena ada halangan yang tak bisa ditinggalkan, bagi yang titip absen dan bagi kawan2 sekalian yg kebingungan mau ngerjain laporan kapsel tp g punya catetan karena terlalu serius mendengarkan pembicara yg tampil dengan sangat memukau atau berbagai macam kesibukan lainya yg tidak bisa diungkapkan dengan kata2........ ini persembahan khusus buat kawan2 sekalian sebagai referensi singkat mengenai pembahasan Kapsel tempo hari... semoga anda berkenan dan saya juga berkenan harap para pembaca tidak sewenang wenang copas dari jiri payah saya dan maksud baik saya. sekian wassalamualikum wr, wb.

nb: ini hanya referensi semata, bila ada kekurangan mohon ditambah,

nb: dilarang keras tidak meninggalkan Komentar , smg berkenan

KAPITA SELEKTA
Brief On Lubricant, lubrication and its bussiness in Indonesia
oleh, Adi Tjahjono



Lubricant/pelumas merupakan salah satu penunjang utama pada perfoma kerja suatu mesin . Pemberian pelumas yang baik pada mesin dapat mencegah terjadinya friksi atau keausan, mencegah korosi, membantu perpindahan panas dan memperpanjang usia pakai mesin. Formula untuk pelumas adalah campuran antara base oil dan aditif. Penambahan aditif sendiri berfungsi agar dapat memodifikasi dan memperbaiki sifat dasar alamiahnya seperti stabilitas terhadap viskositas, suhu, dan daya tahan korosinya. Sebagaimana dengan kemajuan teknologi mesin yang semakin canggih mendorong peran proses pembuatan pelumas harus sesuai pada mesin tertentu.

Pelumas yang paling banyak digunakan saat ini adalah jenis pelumas konvensional berbahan minyak mineral(mineral oil) disamping jenis lain yang lebih unggul yaitu pelumas berbahan minyak sintetis (oil synthetic). Perbedaan diantara keduanya adalah jika pada jenis mineral oil bahan dasarnya adalah minyak bumi dengan campuran aditif, sedangkan pada jenis oil syntethic berbahan dasar seperti diester, fosfat ester, ester silikat, dll.  



Proses dasar pada pembuatan pelumas antara lain tahap konsepsi produk yang akan dihasilkan, tahap seleksi base oil dan aditif , tahap pengujian- pengujian dan yang terakhir tahap untuk mendapat surat rekomendasi atau pengakuan dari pembuat mesin.

pertama, menentukan target dan tujuan hasil pelumas yang akan diproduksi untuk jenis mesin apakah dan karakteristik alamiah pelumas sesuai dengan mesin tersebut. Pada tahap ini, pelumas tersebut harus sudah jelas penggunaanya apakah  untuk mesin industri, otomotif , perkapalan atau penerbangan. Selain itu juga jenis bahan bakar apa yang digunakan.

kedua, menentukan base oil dan aditif yang akan digunakan sesuai dengan konsepsi yang telah dirancang pada tahap sebelumnya. Dalam tahap ini pihak formulator harus melakukan koordinasi dengan pabrik pembuat aditif dan pabrik pengolah base oil. Sehingga dapat menentukan aditif paling cocok sekaligus paling murah di pasaran.

ketiga, Melakukan pengujian- pengujian dilaboratorium untuk menguji formulasi yang paling tepat sesuai data- data spesifikasi yang telah diperoleh pada tahapan sebelumnya. Pengujian ini dilakukan di Bagian Litbang Pelumas bekerja sama dengan Bagian Marketing untuk meninjau aspek ekonomi dengan pabrik pembuat aditif dan pabrik pembuat base oil sebagai pensuplai bahan baku, serta pabrik pembuat mesin sekaligus untuk mendapatkan rekomendasi atau pengakuan yang merupakan tahapan akhir proses.


API (American Petroleum Institute) adalah simbol yang digunakan untuk menentukan kualitas Oli. API di bagi menjadi dua tipe yaitu untuk bermesin bensin dan Diesel. hal tersebut penting diperhatikan karena oli untuk mesin diesel tidak bisa digunakan untuk mesin bensin begitu juga sebaliknya. Dimana karakter diesel yang banyak menghasilkan sisa pembakaran lebih tinggi sehingga memerlukan tambahan aditif dispersant dan detergent untuk menjaga oli tetap bersih.

Api mesin bensin antara lain :
- SM (current)
- Sj (current)
- SH (obsolete)
- SF (obsolete)

Api mesin diesel antara lain:
- CJ-4
- CI-4
- CH-4
- CG-4

4 komentar:

  1. Thx.... sangat bermanfaat :) hehe

    BalasHapus
  2. akhirnya ada sumber buat laporan kapsel

    BalasHapus
  3. makasih, sangat bermanfaat tulisannya.. :)

    BalasHapus
  4. tq bal.. keep posting. pahala untukmu.

    BalasHapus

beri komentar